Temanggung, 1 agustus 2022 – Tahun baru Hijriyah adalah salah satu momen terpenting bagi umat Islam di seluruh dunia, hal ini dikarenakan tahun baru Hijriyah merupakan peringatan hijrahnya Rosulullah saw. Peristiwa bersejarah ini menjadi titik awal perkembangan Islam. Hal ini membuat SMPIT Cahaya Insani berinisiatif untuk mengadakan kegiatan Longmarch dalam rangka napak tilas perjuangan Rosulullah SAW ketika berhijrah. Kegiatan Longmarch dilaksanakan tanggal 29 sampai 30 juli 2022, dimulai hari jum’at pukul 16.00 WIB dari kampus kedu untuk santri putri dan dari kampus parakan untuk santri putra. Ketika apel pemberangkatan santri di bekali dengan pemaknaan mengapa Rosulullah SAW harus berhijrah. Dalam kegiatan Longmarch ini ada 3 sesi pemaknaan, yang pertama di pos pemberangkatan, kedua di pos peristirahatan dimana santri diberi pemaknaan tentang perustiwa-peristiwa yang terjadi selama perjalanan dan yang ketiga di sesi penutupan santri mendapatkan pemaknaan tentang hikmah peristiwa hijrah.

Selain untuk napak tilas perjuangan Rosulullah SAW, kegiatan ini juga ditujukan untuk melatih militensi santri dan untuk merekatkan persaudaraan antar santri karena mereka tidak hanya berjalan sepanjang malam tetapi ada ketentuan yang harus di ikuti sepanjang perjalanan misal harus berjalan sesuai dengan kelompok yang telah dibuat agar mengurangi kesenjangan antar kelas. Hal ini cukup efektif untuk mendekatkan kelas 7 yang belum genap 1 bulan dipondok untuk lebih nyaman beradaptasi dengan kakak kelasnya. Perjalanan yang dilaksanakan pada malam hari ini melalui daerah pedesaan di kecamatan Bulu dan berakhir di alun-alun temanggung.

Menurut pendapat beberapa santri yang mengikuti kegiatan ini, Longmarch memang sangat melelahkan tetapi rasanya menyenangkan bisa kuat berjalan sejauh itu tetapi belum sebanding dengan perjalanan hijrahnya Rosulullah SAW. Santri merasa haru sekaligus puas bisa mengikuti kegiatan Longmarch ini sampai selesai dengan lancar.

Kegiatan Longmarch di ikuti sekitar 155 peserta baik santri maupun asatidz. Harapannya kegiatan ini dapat terlaksana secara rutin agar santri SMPIT Cahaya Insani dapat merasakan perjuangan Rosulullah SAW sehingga jadi lebih mencintai beliau sebagai teladan.

Siti Rokhaniyah, S.Pd

Para santriwati beristirahat di perjalanan
Para asatidz sedang menikmati Bubur kacang ijo, hhmmmm… enaakk…
Pemaknaan Makna Hijrah oleh Ibu Kepala Sekolah kepada seluruh santri
antusias yang luar biasa dari Mas Yahya 9A
sebelum pulang kita foto bersama dulu ya…:)